Laman

Telusuri artikel keteknikan lainnya

news artikel on MansurwebBlogspot

Tips Mengatasi Disk Brake Seret

Melanjutkan janji saya untuk sharing Rahasia Teknik Mengatasi Cakram Seret Saat Penggantian Disk Brake, maka saya  berikan gratis catatan kecil yang saya tulis pada tahun 2008 lalu dengan judul Tips Mengatasi Disk Brake Seret

Pada saat penggantian pad set "Disk Brake" sering menimbulkan/menyebabkan putaran roda jadi seret. Sehingga ketika sepeda motor dikendarai akan menyebabkan (piringan cakram) panas, akibat fatalnya disk dapat oleng. Hal ini disebabkan beberapa hal, diantaranya : boot pin rusak, bracket caliper bengkok, piston caliper kotor, seal piston caliper aus, oli rem keruh/kotor.
Berikut ini adalah tips ringan menangani disk brake seret pada saat penggantian pad set baru :
Tips Mengatasi Disk Brake Seret
  1. Bongkar caliper dengan mengendorkan / melepas baut HEX  6mm atau kepala 12mm, serta baut pemegang pad set HEX 5mm. Lepas pad set dan boot pin. Bersihkan lubang dudukan boot pin dari kotoran dan karat dengan kain lap yang dibasahi bensin (Gambar 1).
  2. Tekan handle rem (Gambar 2) hingga piston calliper (Gambar 1) terlihat 2/3 bagian kearah luar atau terlihat bagian permukaan yang mengkilat. Kemudian bersihkan permukaan piston caliper secara merata dengan kain lap yang sudah dibasahi bensin. "Hati-hati …, boot pin mudah mengembang apabila terkena bensin."
  3. Buka baut bleeder dengan kunci ring 8 mm yang sudah dipasang selang untuk membuang oli dalam caliper. Sesuaikan bukaan baut bleeder untuk mendapatkan penekanan piston caliper secara ringan dengan menggunakan ibu jari .... 
materi selengkapnya silakan download gratisnya >> disini



Posted by : Admin - Rahasia Teknik ; 5/05/2012 08:29:00 AM

2 komentar:

Berita terkait otomotif